Cara memegang raket yang benar

Cara Memegang Raket (Grip)


Teknik paling dasar dari permainan olahraga bulu tangkis adalah cara memegang raket. Hal ini adalah faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan. Seorang pemula yang belajar bermain bulu tangkis harus benar-benar menguasai teknik dasar ini terlebih dahulu agar bisa melanjutkan ke teknik dasar permainan bulu tangkis berikutnya. Adapun cara memegang raket ini terdiri dari 2 jenis teknik, yaitu sebagai berikut :

Teknik Forehand


Cara memegang raket dengan teknik forehand dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kanan atau kiri. Adapun detail cara-caranya, sebagai berikut :

posisi kepala raket menyampingpegang raket seperti halnya ketika kita berjabat tangan dengan orang lainantara ibu jari dan jari telunjuk terdapat jarak yang berbentuk seperti huruf Vjari yang lainnya (kelingking, jari manis, jari tengah) menggenggam raket

Teknik Backhand


Sama halnya dengan teknik forehand, cara memegang raket dengan teknik backhand ini juga dapat dilakukan dengan tangan kanan atau kiri. Pada dasarnya cara memegang raket dengan teknik backhand ini sama halnya dengan teknik forehand, hanya ada sedikit perbedaan yakni posisi ibu jari dan jari telunjuk lebih dekat. Adapun detail cara-caranya, sebagai berikut :

posisi kepala raket menyampingposisi ibu jari sedikit terpisah dengan keempat jari lainnyaempat jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking) memegang raket

Komentar

Postingan Populer